Truk Terbesar di Dunia ada di Indonesia ( sebesar rumah 2 tingkat)









WOWWWW...!!!! GiLLLaa...!!! ini mobil truk atau rumah 2 tingkat ya,besar banget dan menakjubkan,baru kali ini aku melihat mobil truk sebesar ini.

Ini bukan sembarang mobil Truk,kendaraan ini bisa di temui di lahan penambangan PT.FREEPORT INDONESIA. Berguna dan berfungsi sebagai alat untuk mengangkut puing puing gunung yang di letuskan yang mengandung konsetrate EMAS.

Satu buah truk dapat mengangkut 3000 TON...wahh banyak nya bukan,mengendarai kendaraan ini pun perlu keahlian khusus.Jangankan mobil sebesar ini,sekelas sedan aja masih agak kewalahan apalagi dengan medan pegunungan seperti di sini.Salut buat pengendara yang pemberani ini.

Bisa dikatakan raksasa karena rodanya saja berdiameter lebih dari 3 meter. Bahkan tinggi truk tersebut bisa mencapai 10 meter dengan lebar sampai 15 meter. Ukuran truk yang raksasa inilah yang menyebabkan siapapun yang berminat menaikinya harus melalui 10 anak tangga kecil.

Bagi kalangan pekerja tambang di PT. Freeport Indonesia, Haul Truck merupakan armada yang spesial. Ini karena ukurannya yang begitu besar, perawatan dan kebutuhannya juga sangat spesial. Bayangkan, untuk mengoperasikan armada sebesar ini selama tiga jam dibutuhkan solar sebanyak 5500 galon atau sekitar 22.000 liter. Belum lagi durasi penggunaan ban roda-rodanya hanya mencapai 1000 jam. Harga satu ban bisa lebih dari Rp. 200.000.000,- atau seharga mobil kijang innova baru. Truk ini beroperasi 24 jam non stop setiap harinya alias tanpa henti. Kalaupun berhenti itu dikarenakan truk ini harus mengganti oli atau perawatan di bengkel. Pengisian solar pun dilakukan sambil jalan.

Ukurannya yang begitu besar mengharuskan sopir truk ini harus orang-orang yang ahli mengemudi. Bahkan untuk mengurangi tingkat kecelakaan akibat kondisi driver yang kurang fit, perusahaan mengeluarkan kebijakan 7:2. Artinya 7 hari kerja dan 2 hari libur dengan batas waktu untuk satu hari kerja ada selama sepuluh jam. Selain itu, di kabin pengemudi, driver juga masih bisa menikmati lantunan musik karena di dalam kabin tersedia radio tape.

Haul truck ini merupakan unit pemasok batu-batuan tambang menuju ke pabrik pengolahan pabrik pengolahan konsentrat melalui roda berjalan. Haul truck bisa mengangkut bebatuan sebanyak 400 ton untuk sekali jalan. Terdapat lebih dari 100 haul truck yang beroperasi di daerah tambang PT. Freeport Indonesia. Namun dari ratusan haul truck tersebut ada 12 haul truck yang paling besar yakni dengan nomer seri 797. Uniknya, di haul truck ini dipasang sebuah penyadap lokasi, sehingga ruang kontrol dapat melihat langsung lokasi keberadaan armada yang mereka cari.

Hebatt bukan...memang semua ada di indonesia..aku bangga jadi anak indonesia.

3 komentar:

  1. Bangga,,,,???
    Freeport milik siapa?
    Heloooooo....
    "tepok jidat"

    BalasHapus
  2. bangga jadi anak indonesia.....T-I
    tw punya siapa gila loe....

    BalasHapus
  3. berapa ya harga truk tambang ini kalo satu ban nya saja sama dengan harga satu mobil avanza. lalu pakai alat ukur berat apa ya bisa memperkirakan sekali jalan bisa bawa 400 ton?

    BalasHapus